Thursday, February 4, 2010

Siapa yg tak kenal Kaskus dan Indowebster (IDWS). Dua situs itu sangat populer di Indonesia. Karya anak bangsa yg patut diacungi jempol. Dua situs ini sudah masuk dalam daftar top site yg paling banyak diakses di Indonesia. Menurut versi alexa, kaskus menduduki peringkat 8 sebelum youtube. Sedangkan indowebster, 3 tahun berdiri sudah menduduki peringkat 22 dan saya yakin situs ini akan meningkat peringkatnya dalam kurun waktu beberapa tahun lagi. Untuk sejarah kedua situs tersebut mari kita simak dibawah ini :

1. Kaskus

Kaskus diciptakan pada tgl 6 November 1999 oleh tiga mahasiswa asal Indonesia di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus sendiri adalah situs forum terbesar di Indonesia. Nama "Kaskus" merupakan singkatan dari kata "kasak-kusuk". Awalnya bertujuan sebagai forum informal mahasiswa Indonesia di luar negeri. Anggotanya, yang berjumlah lebih dari 1.000.000 member, tidak hanya berdomisili dari Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa. Bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 600 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga saat ini Kaskus sudah mempunyai lebih dari 100 juta posting.

Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006.

Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan.

Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah 2 server baru untuk meningkatkan performance situs Kaskus (Dell Server).

Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server.

Sumber : Wikipedia

Untuk para pendatang baru, mungkin akan merasa kebingungan dengan bahasa yg digunakan dalam forum ini. Saya sendiri pun kerap salah mengartikan istilah-istilahnya. Untunglah saat ini sudah ada sebuah software Kamus Besar Bahasa Kaskus karya anak kaskuser ber-ID "xvader". Silahkan download programnya disini secara cuma-cuma.

2. Indowebster

Didirikan di 15 April 2007, Indowebster adalah pemimpin dalam file online, video dan image hosting, salah satu yang terbesar dan tercepat file host di Indonesia. Dalam waktu singkat, Indowebster berhasil bangkit untuk menjadi yang kedelapan situs paling banyak dikunjungi di Indonesia, dan tren masih bergerak ke atas. Dan tujuan utama untuk menonton dan berbagi file asli, foto, video Indonesia melalui pengalaman web. Indowebster memungkinkan orang untuk dengan mudah meng-upload dan berbagi file, gambar, klip video di indowebster.com dan di internet melalui website, perangkat mobile, blog, dan email.

Setiap orang dapat menonton video di Indowebster. Orang-orang dapat melihat laporan tangan pertama dari peristiwa terkini, menemukan video mengenai hobi dan minat mereka, dan menemukan yang unik dan tidak biasa. Karena semakin banyak orang menangkap momen spesial di internet, Indowebster adalah memberdayakan mereka untuk menjadi penyiar dan streaming hosting dari besok.

Dengan kapasitas penyimpanan beberapa terabyte (a terabyte adalah satu juta megabyte) dan koneksi internet yang mentransfer ratusan gigabyte secara bersamaan, Indowebster memiliki infrastruktur yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan tinggi.

Indowebster didukung oleh Unlimited IIX Connection, Unlimited penyimpanan, Up to 1024MB per file, Unlimited Upload, Unlimited download, Unlimited bandwidth, Foto, Video, File galeri, Tanpa install software, langsung / Hot link ke file.

Sama seperti youtube yang menawarkan untuk berbagi video on the net, Indowebster menawarkan kemampuan lebih untuk Foto dan File, mengikuti tren populer lainnya masyarakat Berbagi File seperti ImageShack dan Rapidshare.

Satu situs untuk semua video, file dan kebutuhan hosting gambar Berbagi file dan foto melalui hanya satu situs tanpa harus khawatir tentang ruang disk, hosting, bandwidth lagi.

Sederhana untuk meng-upload. Sederhana untuk mengelola. Sederhana untuk berbagi. Indowebster ini khusus dirancang untuk menjadi sangat mudah untuk meng-upload file dan langsung mengelola dan berbagi mereka dari komputer manapun.

Sumber : Indowebster

Indowebster ini sedang membangun sebuah forum sendiri lho. hehe... Tapi masih sering di maintenance websitenya.
Categories:

10 comments:

  1. nice info sob...di tunggu kedatangan forum indowebsterrr

    ReplyDelete
  2. Info yang menarik. Kalau Kaskus memang sudah cukup terkenal sebagai situs tempat forum yang sangat ramai. Kalau Indowebster, saya tahu pertama kali saat ada jejak link url masuk dari forum indowebster[web][id]. Ternyata karena salah satu artikel saya dithread disana. Gak nyangka kalau indowebster populer juga.

    ReplyDelete
  3. hahaha... setuju bgt tuh kalo Indowebster jd yg the best!!

    Coz, semua serba ada disana.... Maju terus....

    ReplyDelete
  4. @bang ipin : uda ada kok mas,hehe...tpi terkadang d maintenance :D

    @mas joko : weh..artikel mas uda smpe ke sana ya,haha...
    keren :D

    @septian : yoi :D
    yg ak heran di situs itu berapa terabyte ya,wew..
    gk kebayang deh besarnya...

    ReplyDelete
  5. Ntar tunggu, justbryan.net
    hahahaha....ngayal mode:on

    ReplyDelete
  6. @Just Bryan : ak ya pengen seh asliny..
    tpi gratisan dulu aj,haha..

    @rental mobil : yup :D

    ReplyDelete
  7. kayaknya aku ketinggalan nee ga' tahu apa-apa tentang situs,,,,hempt....

    ReplyDelete
  8. smoga anak bangsa terus berkarya

    salam kenal dari <a href="http://http://ganool.blogspot.com>ganool</a>

    ReplyDelete
  9. four thumbs up ! buat Indonesia tanah air beta, pusaka abadi nan jaya.. mari jadi lebih creative lagi :))

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar ria ^^

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!