Thursday, March 8, 2012

unified remote
Posting kali ini aku akan membahas cara me-remote komputer, yaitu menggunakan aplikasi unified remote. Aplikasi android unified remote ini memungkinkan kita untuk mengontrol komputer dari perangkat android menggunakan koneksi WiFi atau bluetooth. Caranya sangat mudah sekali, cukup install aplikasi unified remote client pada perangkat android kita dan aplikasi unified remote server pada komputer.
Sejauh yang aku tau soal aplikasi remote komputer dengan handheld android, menurutku aplikasi ini yang paling bagus dibanding yang lainnya. Aplikasinya ringan namun fitur-fiturnya lengkap seperti mouse, keyboard, buat presentasi, file manager, media player dan lain-lain. Karena fungsi aplikasi ini untuk me-remote komputer tentu saja sisi keamanan perlu dilihat, nggak lucu kan kalau komputer kita malah di-remote oleh orang lain (hehehe). Tenang saja aplikasi ini sudah dilengkapi fitur penggunaan password yang dienkripsi 256-bit AES jadi tidak bisa sembarangan orang bisa akses.

Aplikasi ini ada yang gratis dan juga berbayar, yang berbayar tentu saja fiturnya lebih lengkap dari pada yang gratis. Meskipun seperti itu, aplikasi yang gratis menurutku sudah lebih dari cukup. Kalau ingin melihat perbandingannya silahkan lihat disini.

Cara install & pakai Unified Remote Client :
1. Langsung download dari market disini atau buka app market dari hh.
2. Buka aplikasi dan pilih menu sever, kemudian tekan tombol add.
3. Pilih Automatic biar aplikasinya yang mencari server (WiFi dalam keadaan hidup dan buat jaringan WiFi ad-Hoc).
4. Masukkan password jika ada.

Cara install & pakai Unified Remote Server :
1. Download & install aplikasinya disini (hanya untuk OS Windows dan sudah terinstal .Net Framework 4).
2. Setelah install aplikasi, servive akan otomatis berjalan. Jika ingin memberi password klik tab security->centang "Enable password protection" -> isi password -> OK (jika password ingin dienkripsi centang "Enable data encryption").

Beberapa Screenshots App :

unified remote
unified remote
unified remote


Beberapa Screenshots Server :

unified remote
unified remote
unified remote


Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!