Friday, October 1, 2010

logo motogp newPernah melihat rider motogp jatuh dari motornya yang kadang mengakibatkan kecelakaan yang sangat fatal seperti kecelakaan yang dialami oleh Shuya Tomizawa yang menyebabkan kematian?. Bisa kita lihat baju yang dikenakan para rider ini sama sekali tidak sobek atau rusak karena bergesekan dengan jalan sirkuit. Mengapa bisa begitu? Mari kita simak teknologi baju yang dipakai oleh rider motogp ini.

Pakaian yang dikenakan oleh rider ini adalah perlindungan utama ketika mereka mengalami kecelakaan pada saat pertandingan maupun latihan. Maka dari itu bahan yang digunakan untuk pembuatan baju ini sangatlah penting dan tidak boleh diremehkan mengingat kecepatan sepeda motor saat melaju sangat tinggi.

Ketika rider tidak bisa mengendalikan sepeda motornya saat berbelok dan berakhir dengan jatuh dari motor. Tentunya rider ini akan jatuh meluncur disepanjang aspal sampai ke kerikil disisi arena sirkuit. Bila bahan pakaian yang digunakan mudah robek, rider akan mengalami cedera yang sangat fatal pada kulit dan bagian tubuh lainnya.

Perlindungan

Bahan pakaian yang dikenakan oleh para rider MotoGP ini harus aerodinamis, kemudahan dalam bernafas, nyaman, tahan lama, fleksibel, ringan dan tahan air.

Bahan yang cocok untuk mendukung semua syarat tersebut adalah berasal dari kulit kanguru yang lebih tahan, lebih fleksibel dan lebih ringan dari pada kulit sapi. Kulit kanguru ini bisa melindungi tubuh yang rentan terhadap dampak kecelakaan seperti bagian punggung, siku dan lutut.

For : MotoGP Rider Suits

motogp rider suits

Untuk bagian punggung, bisa kita lihat pakaian tersebut mempunyai punuk seperti unta. Fungsi dari punuk tersebut adalah mensejajarkan punggung dengan helm yang digunakan sehingga leher rider tidak tertekuk ketika jatuh meluncur disirkuit. Selain itu, juga untuk tempat menyimpan air minum untuk rider yang dihubungkan dengan helm. Meskipun terlihat mengganggu, namun nyatanya pakaian tersebut tetap fleksibel untuk memungkinkan gerakan.

Bagian dalam pakaian tersebut, menggunakan kombinasi bahan dari karbon, kevlar dan titanium yang didesain sedemikian rupa tanpa membuat rider merasa berat untuk mengenakannya. Berat total pakaian tersebut berkisar antara 3 kg sampai 3.5 kg.

Sepatu Boots, Sarung Tangan dan Knee Sliders

Selain pakaian yang dikenakan, ada setelan lagi untuk keselamatan rider ini, yaitu sepatu boots, sarung tangan dan knee sliders .

Sepatu boots ini harus kuat namun fleksibel dan ringan sehingga tidak memberatkan rider dan juga untuk mengurangi resiko luka parah yang diakibatkan kecelakaan pada kecepatan yang tinggi.

For : Sepatu Boots

boots motogp

Demikian pula pada sarung tangan, harus cukup ringan dan tidak menghalangi rasa pegangan pada setang. Resiko luka yang paling besar ada pada ibu jari, pergelangan tangan dan telapak tangan.

For : Gloves

motogp gloves

Rider ini juga mengenakan knee sliders. Knee Sliders inilah yang melindungi lutut rider pada saat berbelok. Pada saat itu slider lutut ini akan menyentuh jalan sirkuit pada sudut 55o. Maka dari itu, alat ini lama kelamaan akan rusak, sehingga harus diganti setiap saat. Alat pelindung ini juga terpisah dari pakaian rider dan biasanya alat ini diganti hingga lebih 100 kali dalam satu musim. Knee Slider ini terbuat dari bahan termoplastik.

For : Knee Slider

knee sliders motogp

Termoplastik ini juga melapisi pakaian rider untuk menghindari penyerapan air pada kulit saat hujan. Dengan demikian pakaian tidak akan menjadi lebih berat karen serapan air ini.

Sistem Pendingin

Baju rider ini dilengkapi dengan sistem pendingin untuk menjaga suhu internal. Sistem pendingin yang ada dibalik pakaian rider ini menggunakan gel-cooled water (powered by ultra-lights batteries dan micra-pumps yang dimasukkan pada bagian punuk).

For : Cooling System

cooling system motogp

Selain itu, baju ini juga terdapat sistem komputer data akuisisi, dimana informasi yang dikumpulkan dapat digunakan oleh teknisi untuk menganalisa keadaan fisiologis pengendara pada saat pertandingan maupun latihan.

Sensor yang dipasang pada baju pengendara ini berguna untuk menghitung atau mengukur titik tekanan, beban gravitasi, denyut nadi pengendara dan suhu tubuh. Sensor dapat merekam dampak kecelakaan yang dialami oleh rider sebagai informasi yang berguna untuk teknisi dalam mengupdate teknologi pakaian selanjutnya.

Warna dan Desain

Setiap rider mempunyai ciri khas warna dan desain tersendiri termasuk helm yang digunakan. Desain pakaian secara keseluruhan adalah kombinasi dari logo team, sponso, nomor rider dan motif pribadi yang merupakan ciri khas setiap rider. Hal ini dapat membantu untuk membedakan rider satu dan rider lainnya.

For : Rossi Leathers


Produsen yang memasok pakaian di motogp ini antara lain Berik, BKS, Alpinestars, Dainese, Puma, Revit, Spidi dan Spyke.
Categories:

2 comments:

  1. Ulasan yang sangat lengkap, Mas Phuad. Wow, keren banget pakaian dan segala pernak-perniknya. Saya baru tahu desain kostum pembalap demikian tinggi teknologinya untuk melindungi ridernya. Pasti mahal semua aksesoriesnya itu.

    ReplyDelete
  2. iy mas..
    gk sembarang baju tuh...klo baju biasa pasri bnyk yg pensiun dini..
    haha...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar ria ^^

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!