Sunday, May 30, 2010

facebook
Terdengar cukup aneh bagiku, sebuah gerakan mucul untuk menyuarakan hari tanpa facebook sedunia. Tetapi facebook ini memang sedang menjadi sorotan masyarakat dunia. Mengingat facebook telah menggeser google dari peringkat pertama dari situs yang paling banyak dikunjungi oleh negara kita.

Facebook ini dilansir telah membuat penggunanya tidak nyaman karena aturan privasinya yang cukup ketat. Yang aku herankan, aku malah tidak merasakan hal yang seperti itu. Menurutku itu masih sebatas wajar, malah aku menyukai aturan privasinya untuk melindungi akunku. Tetapi sebenarnya ada juga hal yang membuatku agak risih, yaitu notifikasi yang dikirim melaui email. Karena notifikasinya di email banyak sekali hingga ratusan. Tetapi itu masih bisa cegah melalui fitur disable notifications. Kemudian juga tag foto, kita bisa menge-tag foto ke teman kita. Bisa saja itu digunakan untuk ngisengin orang, contoh kita menge-tag gambar monyet ke teman kita, sehingga muncul di wall teman yang kita tag. Itupun hanya foto monyet, coba kalau foto yang lain. hmm..

Kembali ke topik utama, Tech Watch, Senin (24/5/2010), sebuah situs telah dibuat untuk menggalang kampanye ini. Situs bernama 'Quit Facebook Day' dibuat oleh pemiliknya yang bernama Matthew Millard dan Joseph Dee.

"Facebook memberikan adanya pilihan untuk mengatur data yang anda miliki. Namun pilihan mereka kami anggap tidak adil. Selagi Facebook memberikan masing-masing individu untuk memanage akun mereka sendiri, tapi hal ini malah dipersulit sehingga rata-rata pengguna sulit untuk mengerti," tulis founder situs tersebut.

"Kami juga merasa Facebook tidak menghormati anda dan data yang anda miliki, khususnya untuk konteks di masa yang akan datang," tambahnya.

Sampai saat ini, ada 24855 berkomitmen untuk berhenti memakai facebook. Bisa dilihat disini dan untuk group facebooknya ada disini. Tetapi menurutku jumlahnya masih kecil. Karena pengguna facebook di Indonesia saja sudah sampai jutaan. Belum lagi di negara lainnya.

Jika kita gabung situs ini, kita akan menerima sebuah email untuk mengingatkan berhenti mengakses facebook pada tanggal 31 Mei.

Di Indonesia aku tidak tahu, apakah kita tidak akan bisa mengakses facebook ini pada tanggal 31 Mei untuk seterusnya atau sementara atau tidak sama sekali. Karena aku lihat teman-teman ninja saga (hehe) ngucapin salam perpisahan. Kita lihat saja nanti, tinggal beberapa jam lagi, hehe...

Sumber : okezone.com

Categories:

2 comments:

  1. pasti pro dan kontra ada, tapi sampe saat ini aku belum punya akun fb, jadi ya aku bersyukur belum kecanduan fb kalopun fb sampe ditutup

    ReplyDelete
  2. weh salut...
    gk pnya akun fb, hehe...
    katany sih sob, fb tu sama kyk rokok,hehe..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar ria ^^

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!