Sunday, July 18, 2010

Terhitung 3 hari ini aku bolak-balik lihat Festival Komputer Indonesia (FKI) di Gramedia Expo Surabaya. Konsep acara yang sangat bagus dan ditambah lagi ada anak-anak kaskus yang turut meramaikan festival. Dihari pertama, sebuah komunitas Airsoft Surabaya dari subforum Militer datang ke acara ini. Mereka berpakaian lengkap + senjata layaknya mau perang saja, haha.Tapi yang bikin ngiler handgun-nya, jadi pengen punya. Kemudian dihari yang kedua dan ketiga, ada sebuah perlombaan rubik's. Peraturannya kalau tidak salah rubik's harus diselesaikan dalam waktu kurang dari 60 detik. Melihat rubik yang cepat sekali diselesaikan, aku jadi penasaran sejarah dari rubik's itu sendiri. Akhirnya aku putuskan untuk membuat artikel tentang rubik's ini. Maaf kalau repost ya, haha.

Rubik's Cube ini pertama kali ditemukan oleh Erno Rubik pada tahun 1974. Erno Rubik adalah seorang pemahat dan profesor arsitektur dari Hongaria. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 26 kubus kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika teka-teki ini terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.

Dalam sebuah rekor dunia, ternyata ada anak bangsa yang berhasil memecahkan rekor dalam menyelesaikan rubik dengan mata tertutup. Dia berhasil menyelesaikan rubik berukuran 3 x 3 dengan mata tertutup sebanyak 16 buah dalam waktu 57 menit pada kompetisi Jakarta Open 2010 pada tanggal 31 Januari 2010 di FX Building, Jakarta. Muhammad Iril dari Indonesia ini telah mengalahkan rekor sebelumnya yang telah dipegang oleh Tong Jiang dari Cina dengan 15 kubus Rubik. Tidak hanya itu, Wicaksono Adi telah menempatkan Indonesia diperingkat ke-3 dunia dengan menyelesaikan 11 rubik dengan mata tertutup dengan waktu 55 menit 10 detik. Sebuah presatasi yang luar biasa. Semua rekor ini tercatat di Asosiasi Kubus Dunia (WCA).

Cara untuk menyelesaikan rubik ini tidaklah sembarangan, ada algoritmanya sendiri. Kalau lihat tutorialnya sih, pertama kali kita harus menyelesaikan satu warna terlebih dahulu. Kemudian selesaikan sisi atasnya perwarna.Setelah selesai, lanjutkan dengan sisi tengahnya perwarna juga. Langakh berikutnya, pada sisi berlawanan satu warna yang telah terselesaikan, selesaikan dengan pola posisi warna yang menyilang. Untuk setiap sudut-sudutnya, lengkapi pola sisi tiga disetiap sudut dengan sudut lain. Jangan pedulikan jika warna tiga sisi berbeda, yang terpenting jika tiga sisi itu diputar maka warna tersebut sama dengan warna sisi-sisinya. Setelah memutar sisi-sisi itu, langkah terakhir adalah dengan menyelesaikan sisi tengahnya. Semoga saja mudeng dengan penjelasanku. Kalau masih bingung, silahkan gugling mencari tutorialnya yang lebih lengkap dengan gambar ataupun videonya karena aku tidak membahasnya lebih detail disini.

Sebenarnya bentuk rubik saat ini ada banyak sekali, tidak hanya berbentuk kubus lho. Coba dilihat dibawah ini bentuk-bentuknya.

For : Gear Cube


For : Egg Cube




For : Fisher Cube




For : Mirror cube




For : Void




For : 3x3




For : Missing link and coke can




For : Oddz On Version




For : Dice




For : Gerdig UFO + Mind Trapper + Rubik Ufo + UFO + Brain Ball




For : Pyramorphix + Stern + Gem




For : Puzzle Ball + Skewb Diamnod + Ultimate Skweb + Skweb + Skewb Diamond Mix




For : Alexander Star + Impossiball + Dogic + Thomas Ball + Megamix




For : Cuboctahedron + Octagonal Prism + Truncted Cube + Sphare + Pillow




For : Anymore




Video Bocah berusia 6 tahun menyelesaikan rubik dalam waktu 37 detik.

For : Bocah ajaib




Dan yang terakhir adalah rubikku sendiri, haha.

For bonus : My Rubik, Glow in the dark




Categories:

5 comments:

  1. Saya baru tahu nama mainan ini Rubik's Cube. Anak saya kebetulan punya mainan ini. Dan saya suka dibikin pusing kalau ditantang anak saya untuk memainkan alat ini karena saya sudah putar-putar beberapa kali tapi tetap tak ketemu warna yang sama. Ternyata ada triknya, ya? He...He....

    ReplyDelete
  2. @mas joko : dulu ak juga kyk mas joko, ak puter2 gk karuan,,bisany cuma warna...
    trus ak liat tutorialny, trnyta ada algoritmany, hehe...
    anakny uda bisa nyelesai'in tohh mas, sipp...
    hhehe...

    ReplyDelete
  3. hehe ane juga main sob...
    tapi baru 3 bulan ini,,,waktunya juga masih 50 detikkan,,, lagi memperdalam trik biar lebih mempersingkat waktu,,, :D

    ReplyDelete
  4. gw udah nyoba rumus rubiknya...
    gak hapal - hapal bos...
    cuman bisa sampe 2 layer doang...
    hehehe...

    ReplyDelete
  5. saya bisa menyelesaikan rubik dalam waktu 1 stngah menit kurang,,,,
    caranya berlatih terussss,,,
    klw mau bisa hub. gw,,
    083850060444
    atau fb gw,, faridhidaya@yahoo.co.id.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar ria ^^

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!