Monday, September 21, 2009

Php berasal dari singkatan Hypertext Preprocessor. Php merupakan bahasa beberbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan diproses di server. Hasilnyalah yang dikirim ke klien, tempat pemakai mengunakan browser (firefox, opera, IE dll).

Secara khusus, Php dirancang untuk membuat aplikasi web dinamis. Artinya, ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Misalnya, menampilkan isi database ke halaman web.

Kelahiran Php pertama kali dibuat Oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Php ini setiap satu statement (perintah) diakhiri dengan titk koma (;) dan bersifat case sensitif untuk nama identifier yang dibuat oleh user (variable, konstanta, fungsi dll), namun tidak case sensitif untuk identifier built-in dari Php. Jadi $Nama tidak sama dengan $NAMA (untuk identifier yang dibuat user). WHILE sama dengan while (untuk identifier built-in).

Catatan kecil :
"Case sensitif adalah suatu metode pengolahan teks yang membedakan penulisan huruf besar dan huruf kecil, sehingga {Komputer} berbeda dengan {komputer} dan berbeda dengan {KOMPUTER}. Case sensitif untuk identifier built-in dari php maksudnya sintak-sintak yang terdapat pada php,seperti while, echo, do-while, for dan lain-lain. Moga aja paham,hehe..."
1. Skrip PHP

Penulisan skrip PHP harus diapit oleh :
  • 4 ..script here.. 3
  • 1 ..script here.. 3
  • 2 ..script here.. 5
  • <% ..script here.. %>
Catatan kecil :
"Huft hampir aku putus asa nulis artikel ini. Gara-gara aku gak bisa nulis sintak php dipostingan. Selalu ilang pas aku ketik, mungkin ini disengaja oleh yang punya situs www.blogger.com demi keamanan. Tapi syukurlah aku bisa mengakalinya pake image, jadi gak bisa ilang deh (hehe). Thank you to www.photobucket.com. Btw, macam-macam penulisan skrip php diatas pada umumnya yang paling banyak digunakan yaitu yang ke 1 dan 2."
Contoh program pertama yang selalu diajarkan setiap pengenalan bahasa pemrogram baik php maupun bahasa pemrograman yang lainnya yaitu "Hello World".

1
echo "Hello World";
3

Simpan file tersebut dengan Hello.php dengan memakai notepad atau dreamweaver. Buka browser dan ketikkan alamat (tanpa tanda petik) "http:localhost/Hello.php".

Catatan kecil :
"owh iya aku lupa. Sebelumnya aku asumsikan disini para sobat-sobat mengetahui cara mengoperasikan komputer dan mengenal direktori, file, cara menyimpan dan mencopy file dll. Mengetahui cara memakai salah satu atau semua editor seperti notepad, editplus, crimson editor, dreamweaver, atau yang lainnya. Apache, PHP, dan MySQL dikomputer sobat sudah berjalan sebagai semestinya. Mengetahui cara menggunakan browser seperti IE, Firefox, Opera, dsb (kalo gak bisa pake, kok bisa sampe ke blogku kamu sob ??? hehe..). Mengenal dan mengetahui cukup baik tag-tag HTML. Penglihatan sobat masih normal, sehingga dapat membedakan tulisan Komputer dengan KOMPUTER. Terakhir dapat menggunakan google (hukumnya wajib, kalau gak bisa dosa, hehe). Bagi yang belum memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan, silahkan berkomen Insya Allah aku bantu kalo bisa. Jujur saja, aku juga masih belajar sob XD"
Aku stop dulu dari sini dulu ya sob. Aku uda ngantuk, uda jam 3 pagi pengen tidur dulu bentar. hehe..
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar ria ^^

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!